Senin, 04 Januari 2016

Latih Pasukan Cyber Adhyaksa: Setiap Pramuka adalah Kantor Berita

733240_3.a

JAKARTA–Setiap anggota Pramuka adalah adalah kantor berita, sehingga harus bisa menyebarkan berita-berita positif tentang kegiatan yang dilakukannya melalui berbagai media informasi dan komunikasi, termasuk facebook, twitter, dan yutube.
Demikian disampaikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault dalam sambutannya yang disampaikan melalui video membuka Pelatihan Jurnalistik dan Social Media Tingkat Nasional, di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (27/11)
“Jangan sia-siakan acara ini. Social media ini sangat penting. Ada twitter, FB dan yutube. Pramuka harus menguasai informasi. Setiap Pramuka adalah kantor berita,” kata Adhyaksa
Kalau dulu sebelum berkembangnya social media, untuk menjadi editor ada jenjang karir yang harus dilalui yakni menjadi wartawan, dan sebagainya. Namun dengan berkembangnya social media, peran media massa dapat digantikan oleh masyarakat. Sekarang semua orang bisa membuat website, akun di social media yang jumlahnya terus bertambah. Sehingga setiap orang dapat menjadi kantor berita.
Pramuka dibawah kepemimpinan Adhyaksa Dault membuat terobosan-terobosan baru dengan program yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Menurutnya, dengan masuknya Pramuka sebagai kurikulum wajib 2013 menuntut Pramuka harus lahir sebagai Pramuka Baru, Generasi Baru.
Re-branding Pramuka ini sudah menjadi komitmen kami, agar Pramuka bisa relevan dengan perkembangan zaman sehingga dapat diterima oleh generasi muda. Kegiatan pramuka tidak hanya asyik dan gembira, tapi juga harus memberikan solusi dan peduli terhadap persoalan yang ada disekitarnya,” kata dia menambahkan.
Pakar Branding, Subiakto Priosoedarsono yang juga memberikan materi dalam pelatihan tersebut menilai bahwa Pramuka adalah merek. “Pramuka harus dapat menemukan DNA-nya Pramuka, yang dapat menjadi added value bagi branding Pramuka. Pramuka harus unik, relevan dan meaningfull. Keunikan Pramuka harus dijadikan positioning brand,” ujarnya.
Menurutnya, Pramuka itu merupakan gerakan moral yang membangun mentalitas anak bangsa. Dengan demikian, Pramuka jangan sampai terjebak pada formaliras dan harusnya selalu menjadi solusi masyarakat bukan beban, apalagi masalah.
Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melatih pasukan cyber melalui kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Social Media Tingkat Nasional yang akan berlangsung pada tanggal 26 – 29 November 2014, di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta Timur.
Pelatihan ini merupakan pertama kalinya Kwarnas Gerakan Pramuka  mengadakan pelatihan jurnalistik yang diintegrasikan dengan sosial media. Hal ini merupakan salah satu dari program re-branding Gerakan Pramuka, setelah sebelumnya mengkampanyekan fotoselfie di Hari Pramuka 14 Agustus 2014 lalu.(sumber Kwarnas RI@tep)

0 komentar:

Posting Komentar